expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

About

Rabu, 01 Februari 2012

Delapan Pulau Nusantara, Kecil tapi Indah (II) habis

Pulau Bunaken
   

Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari Kota Manado, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Di sekitar Pulau Bunaken terdapat Taman Laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken.

Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Secara keseluruhan, Taman Laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektare dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen.

Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.

Pulau Bacan




Pulau Bacan adalah sebuah pulau yang terdapat di Kepulauan Maluku tepatnya di sebelah barat daya Pulau Halmahera. Secara administratif, Pulau Bacan masuk ke dalam wilayah Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara.

Pulau ini merupakan bagian dari formasi vulkanis, dan karena itu memiliki banyak sumber air panas yang berasal dari panas alami gunung berapi. Pulau Bacan menarik perhatian para zoologis karena kaya akan spesies burung dan serangga.

Pulau Ambon
   
Pulau Ambon merupakan pulau yang terletak di Kepulauan Maluku, di selatan Pulau Seram. Sebagian pulau ditutupi hutan hujan dan merupakan bagian dari eko-region hutan hujan Seram. Pulau Ambon mempunyai beragam spesies mamalia dan burung, serta kaya akan ragam spesies serangga, terutama kupu-kupu. Ambon juga merupakan salah satu lokasi penyelaman favorit di Indonesia, meskipun arus perairannya cukup kencang dan deras.

Kepulauan Raja Ampat

   

Kepulauan Raja Ampat terletak di Provinsi Papua dan terdiri dari 1.500 pulau kecil yang mengelilingi empat pulau besar, yakni Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo. Kepulauan Raja Ampat memiliki Tanjung Cenderawasih, yang merupakan taman laut terbesar di Indonesia.

Keberagaman koral dan terumbu karang serta spesies laut lainnya di Raja Ampat membuat taman laut ini sangat dilindungi. Setidaknya 1.070 spesies ikan, 537 spesies koral, dan 699 spesies moluska hidup di kepulauan ini. Raja Ampat merupakan tempat penyelaman terbaik di Indonesia, apalagi ditambah masih sangat sepinya kepulauan ini dari akomodasi dan industri.





sumber:http://travel.okezone.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar