expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

About

Rabu, 01 Februari 2012

Delapan Pulau Nusantara, Kecil tapi Indah (I)

SEBAGAI negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak pulau dengan pantai-pantai indah serta taman laut dengan keberagaman spesies terumbu karang. Beberapa pulau nyatanya menjadi tempat penyelaman terbaik.

Berikut adalah pulau-pulau kecil terbaik di Indonesia, seperti dikutip Indonesialogue:

Pulau Nias

   

Mayoritas pengunjung Pulau Nias adalah para peselancar. Pulau Nias dihuni mayoritas suku Nias yang sebagian besarnya masih menganut budaya megalitik. Nias terkenal dengan festial rakyatnya yang beragam, salah satunya Tarian Perang yang kerap dipertunjukkan terutama saat banyak wisatawan mengunjungi kepulauan ini.

Nias juga dikenal dengan tradisi Lompat Batu, sebuah ritual dimana seorang pemuda akan melompati batu menara setinggi dua meter sebagai penanda kedewasaannya. Secara singkat, Nias adalah pulau indah dengan masyarakat ramah, kaya budaya, serta pemandangan pantai indah dengan ombaknya yang cocok untuk berselancar.

Pulau Bangka




Bangka adalah sebuah pulau di sebelah timur Pulau Sumatra yang dipisahkan oleh Selat Bangka. Pulau ini bersama Pulau Belitung membentuk sebuah provinsi kepulauan. Kebanyakan pulau terdiri dari dataran rendah, rawa-rawa, bukit-bukit kecil, pantai berpasir putih, kebun merica, dan tambang timah.

Kebanyakan penduduk Pulau Bangka adalah orang melayu yang bekerja sebagai buruh pabrik timah. Memang sekarang sudah mulai dikembangkan resor di sekitar pulau ini, namun tidak mengubah kecantikan pantainya yang alami.

Pulau Moyo

   

Pulau Moyo terletak di mulut Tanjung Saleh, sebelah utara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pulau ini memiliki cagar alam Taman Nasional Pulau Moyo yang berada beberapa kilometer dari pantai utara, dikelilingi terumbu karang cantik, serta habitat untuk babi hutan, biawak berikut 21 jenis kelelawar, rusa liar, terdapat juga kelompok kera pemakan kepiting, sapi liar, rusa, babi hutan dan berbagai macam spesies burung, ikan hiu dan kura-kura. Pulau yang dikelilingi terumbu karang di bawah laut ini sebaiknya dikunjungi saat musim kemarau antara Juni hingga Agustus.

Pulau Rinca

   

Rinca, sebuah pulau kecil yang terletak di dekat Pulau Komodo merupakan bagian dari kepulauan di Nusa Tenggara Timur. Pulau Rinca juga memiliki populasi komodo, tapi tidak sebanyak di Pulau Komodo. Namun karena itulah, pulau ini merupakan tempat tepat melihat komodo di habitat aslinya tanpa terganggu banyak orang yang sudah ramai di Pulau Komodo.





sumber:http://travel.okezone.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar