expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

About

Rabu, 14 Maret 2012

Terjadi 24 Tahun Sekali, Jupiter dan Venus 'Bermesraan' di Langit


Terjadi 24 Tahun Sekali, Jupiter dan Venus 'Bermesraan'  di Langit 
Hanya beberapa pekan lalu, Jupiter dan Venus, bersama bulan, hadir dalam posisi segitiga sebelum akhirnya bulan akan kembali bergerak. Sejak itulah dua planet terus tampak selalu bersama. Dan, tak lama lagi, mereka akan hadir sangat dekat daripada jarak sebelumnya. Mereka hanya akan berjarak sekitar tiga derajat saja di langit malam.
Hal ini diungkapkan oleh Badan Antariksa Amerika (NASA). Mereka mengatakan, kehadiran dua planet itu secara bersamaan sebagai ''spektakuler''. Keduanya akan sangat dekat hingga hanya akan ''dipisahkan oleh ujung jari''. Waktu yang pas untuk menyaksikan 'kemesraan' kedua planet ini sekitar beberapa jam setelah matahari terbenam pada Selasa malam (13/3) di Amerika sana atau Rabu (14/3) di Indonesia. Konon, Venus akan bersinar delapan kali lebih terang ketimbang Yupiter.
Kebersamaan Venus dan Yupiter ini terbilang langka. Ada yang menyebutkan ini terjadi setiap 24 tahun sekali. Peristiwa ini sempat terjadi pada Maret 1998 ketika Venus berjarak 2,2 derajat dari YUpiter. Sedangkan pada 2036, kedua planet ini akan berjarak sekitar 4 derajat satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar