expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

About

Sabtu, 25 April 2015

Inilah Perubahan Logo Apple, Nokia, dan Samsung dari Masa ke Masa


Sadar atau tidak, logo memang kerap kali menjadi penentu keberhasilan suatu produk. Tak ayal vendor-vendor teknologi kenamaan yang kerap kali menelurkan smartphone dan lain sebagainya gemar mengubah logonya demi suatu perubahan di mata konsumen. Berikut ini adalah evolusi dari logo-logo perusahaan teknologi seperti dikutip dari PhoneArena, Senin (13/4/2015):
Samsung
Siapa menyangka Jerukers, di balik ketenaran Samsung seperti sekarang ini ternyata dulunya mereka adalah perusahan kecil yang yang memproduksi makanan seperti mie dan seafood.  Selain itu, Samsung juga diartikan sebagai 3 bintang. Nah karena itu versi awal dari gambar logo Samsung selalu menonjolkan tiga bintang dalam berbagai bentuk dan warna, Jerukers.
Lebih lanjut Logo berbahasa Inggris Samsung akhirnya muncul pada tahun 1969 ketika Samsung Electronics didirikan sebagai bagian dari Samsung Group. Kala itu, mereka masih memproduksi televisi dan radio kecil-kecilan. Pada tahun 1980, logo Samsung berganti lagi. Yang paling kelihatan berubah adalah logo tiga bintang di samping kanan huruf.
Versi baru logo Samsung kembali diperkenalkan pada tahun 1993 oleh Chhairman Lee Kun Hee yang masih dipakai sampai sekarang ketika perusahaan itu berjaya.
Apple
Perusahaan yang bermuara di garasi rumah karena ulah dari Steve Wozniak dan Steve Jobs ini mempunyai logo pertama yang amat rumit, di mana logo tersebut memuat gambar ilmuwan Isaac Newton yang sedang duduk di bawah pohon apel. Logo tersebut dibuat oleh Ronald Wayne. Namun hanya dalam beberapa bulan, Jobs mengubah logo tersebut karena dianggap kurang menarik sehingga penjualan menurun. Alhasil, ia pun memerintahkan Rob Janoff mendesain logo yang baru dan mengubah logo Apple menjadi gambar Apple bergaris warna warni yang telah digigit sebagian. 
Menurut rumor, gigitan di logo apel tersebut terinspirasi dari Alan Turing, penemu sistem komputasi modern yang meninggal bunuh diri akibat memakan apel beracun. Di tahun 1998, Apple kembali mengganti logonya saat Jobs kembali dari sakit. Kali ini logo dibuat lebih modern dan menjadi salah satu logo paling familiar dan bergengsi.
Nokia
Siapa yang tak mengenal nama yang satu ini? Ya, Nokia sebuah perusahaan yang sempat berjaya di eranya ini ternyata dulu hanya sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan kayu. Perusahan yang didirikan pada tahun 1865 tersebut memiliki logo pertama yang amat unik dan kelihatan ‘menyeramkan’ dengan ikan yang seakan-akan tampak ingin menerkam. Oh iya, sebagai catatan, Nokia dalam bahasa Finlandia memiliki arti binatang berwarna hitam yang marah yang disebut dengan Pine Marten weasel. Seiring evolusinya, Nokia termasuk vendor yang gemar menggonta-ganti logonya. Sebelum seperti sekarang  Nokia sempat mengubahnya hingga 4 kali sejak tahun 1865.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar